Sentra Dharma Guna, “Ramadhan Market Festival”

penyerahan 90 paket sembako secara simbolis dari Baznas Provinsi Bengkulu kepada Sentra Dharma Guna untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan Doc.Restu Edi/Coverpublik.com

Coverpublik.com – Kemeriahan Kota Bengkulu di penghujung bulan Ramadhan ini. Tepat hari ke- 22 seluruh umat muslim mejalankan ibadah puasa, Sentra “Dharma Guna” di Bengkulu melaksanakan acara Bazar Ramadhan dengan Tema “Ramadhan Market Festival”.

Acara ini dihadiri PJ Wali Kota Bengkulu, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu, Polsek Selebar, Camat Selebar, Lurah Pagar Dewa, perwakilan BAZNAS Provinsi Bengkulu, Perum BULOG Kantor Perwakilan Bengkulu, Perwakilan Bank Rakyat Indonesia Cabang Bengkulu, BSI Cabang Bengkulu, perwakilan YAMAHA Bengkulu, Wardah Bengkulu, Perwakilan Apotek Paten Farma 2, PT. Mayora Group, PT Sinar Sosro Bengkulu, Grapari Telkomsel Kota Bengkulu, PT. Kalbe Farma Bengkulu, Ketua LKS Mitra Masyarakat Inklusi Bengkulu, dan LKS LU Payung Besurek.

PJ Wali Kota Bengkulu Arif Gunadi Membuka Secara langsung dengan ditandai pengguntingan pita. Selain itu dilakukan juga penyerahan 90 paket sembako secara simbolis dari Baznas Provinsi Bengkulu kepada Sentra Dharma Guna untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Bazar Ramadhan ini juga menjadi ajang bagi para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya dan menjangkau lebih banyak pembeli. Berbagai produk unggulan dari PPKS dan UMKM Bengkulu turut serta dalam bazaar ini.

Tidak hanya itu Sentra Kreasi Atensi Dharma Guna juga ikut menjajakan hasil karya para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) untuk dijual ke masyarakat Bengkulu.

Produk yang disajikan berupa sayur hidroponik, kelapa muda, ikan lele, ikan nila, jagung manis, pepaya, melon, jeruk lemon, pisang, dan masih banyak lagi.

Sentra juga menyelenggarakan bakti sosial berupa pengobatan gratis bagi para pengunjung.

Arif mendukung penuh acara ini, karena dengan adanya bazaar di bulan ramadhan akan memperluas jangkauan dan menaikkan penjualan para PPKS dan pelaku UMKM.

Kepala Sentra, Syam Wuryani dalam sambutannya mengatakan, Bazar Ramadhan ini sangat ditunggu-tunggu, selain memberikan manfaat bagi para PPKS dan pelaku UMKM, bazar ini juga menjadi ajang bagi masyarakat untuk mendapatkan berbagai kebutuhan Ramadhan dengan harga yang terjangkau.

Kepada para pedagang, Yani menekankan pentingnya menjaga kualitas produk dan pelayanan agar pembeli merasa puas dan kembali berbelanja.

Salah satu pengunjung Rosita dari Selebar mengatakan, sengaja datang untuk membeli beberapa keperluan dengan harga yang lebih murah, “hari ini beli ikan, beli sayur, beli telor, murah sekali dari pada harga pasar. Seperti ikan nila biasanya 28 ribu perkilonya, disini hanya 22 ribu saja,” Jelasnya penuh semangat.

Begitu pula dengan Shinta Sebagai pelaku UMKM mengatakan, merasa cukup senang dapat berpartisipasi dalam event ini. “Banyak warga yang datang melihat dan Alhamdulillah tertarik untuk membeli produk saya, semoga besok lebih ramai lagi,” ungkapnya.

Penerima Bantuan Motor Roda 3 dengan Usaha Keripik dan Kerupuk ikut laris manis diserbu pengunjung.

Pewarta: Restu Edi
Editor : Man Saheri